Minggu, 14 Agustus 2016

Sakinah, Surganya Mahasiswa ITS



Sebagai Mahasiswa Baru (baca: Maba), apalagi Maba ITS tentunya tidak lepas dari yang namanya ospek atau istilah keren ala anak ITS adalah pengaderan. Sedikit berbeda dengan ospek pada umumnya, pengaderan di ITS lebih menitikberatkan "kamu harus punya jiwa pejuang sejati.."
Setidaknya, dalam 1 bulan kamu hanya dikasih kesempatan pulang kampung 1 kali. Skip skip skip

Well, apa hubungannya pengaderan sama judul ane diatas??
Yap, namanya Sakinah Supermarket. Surganya mahasiswa ITS. Betapa tidak, segala sesuatu yang dibutuhkan mahasiswa ada semua disini! Apalagi saat-saat pengaderan, misalnya oleh senior diberi tugas untuk membawa tali kur untuk pengait papan nama. Atau disuruh membawa balon, sumpit, gelas plastik dan lain sebagainya.
Mahasiswa baru tidak perlu repot-repot mencari ke pasar tradisional atau ke hypermarket misalnya, terlalu lama dan jauh. Tidak efisien. Maba tinggal datang aja ke Sakinah. Semua lengkap.
FYI, sebelum senior menyuruh Maba membeli ini itu, senior telah melakukan survey terkait harga hingga stoknya ada berapa. Sedetail itu, karena ini bukan ospek, tapi pengaderan hehe. Bahkan sampai2 ada senior yang sudah bekerjasama sama petugas Sakinah terkait peralatan pengaderan lho. Jadi gak usah khawatir dan gak usah takut sama pengaderan. Paling kalau kalian malas gak cepet2 membeli, mungkin stoknya bakalan habis. Wkwk

Sudah tau kan hubungannya? Yaap karena setiap Maba wajib melalui proses pengaderan, inilah yang menyebabkan Sakinah begitu dekat dengan Mahasiswa ITS. Kalau mendekati masa2 pengaderan, jangan heran deh kalian bakalan menemui Maba2 gundul berpakaian putih hitam berkeliaran di seputaran Mall terbesar se jagad ITS ini. Macam petugas PSG saja. Wkwk

Nah, begitu juga ane. Ane yang pada 5 tahun silam menjadi Maba, merasakan hiruk pikuknya suasana Sakinah yang ramai dengan para kawan2 angkatan 2011 yang gundul2 pakai baju putih hitam mondar mandir nyari ini itu.
Ane pertama kali mengetahui nama Sakinah itu dari sebelum masuk kuliah. Jadi ceritanya, ane kenalan sama salah satu Maba juga dari Jepara. Ane kenal dia lewat facebook. Maklum, dulu gak ada yang namanya WA atau Line. Adanya facebook lewat grup disana. Ane kenalan namanya Galuh Santiko Aji. Dia menanyakan terkait jadwal daftar ulang. Dia jurusan Teknik Elektro, sedangkan ane Jurusan Statistika.
Nah berawal dari chatting dari facebook akhirnya kita saling tuker nomer HP dan saling kontak2an.
Suatu hari, ane sudah ada di Surabaya dan sudah dapat kos2an. Tapi kuliahnya baru minggu depan. Seminggu sebelum kuliah ada semacam training ESQ 165 haha.
Nah kebetulan dia juga sudah ada di Surabaya. Dia ngekos di daerah keputih makam dekat Masjid Yapita. Akhirnya ane dan teman ane (Ali jurusan Teknik Perkapalan) mau maen2 ke kos nya dia. Dia nyuruh kami nunggu di Sakinah. Lha dari situlah ane tau kalau Sakinah itu adalah super market. Wkwk

Skipskipskip

Ane mau cerita tentang Sakinah nih gaes. Daritadi muter2 mulu.
Sakinah merupakan supermarket yang didirikan oleh naungan Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Hidayatullah Assakinah. Jadi sistem mencari untung inshaAllah dalam kaidah syariat agama islam. Keuntungannya digunakan untuk menggerakkan pondok pesantren. Jadi bisa sekalian menyumbang pahala kan. Hehe

Oke, itu dia Sakinah, tapi apa sih istimewanya Sakinah hingga ane wajib menulis di blog ane??
Cekidoot..



1. Sakinah toko serba ada
Selain akrab banget sama Mahasiswa ITS, Sakinah sudah menjadi kepercayaan oleh penduduk sekitar untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dari kebutuhan popok bayi, peralatan makan minum, cemilan, makanan, minuman, buku, pensil aneka warna, barang2 elektronik, peralatan memasak, peralatan mandi, handuk sprei, baju, kaos, kaos kaki, sapu, kain pel, peniti, tali rafia, parfum, jam tangan, jam dinding, piring, gelas, pisau, hingga celana dalam, duh apalagi ya?? Buanyaak dan lengkap semuanya. Tapi kalau nyari makanan hewan ya jangan disini yak hehe. Eh kemaren ane nemuin makanan kucing dijual lho di sakinah. Haha lengkap bener dah.

2. Harganya terjangkau
Ane pernah ngetes, teman ane juga sih. Dari jalur sepanjang Arif Rahman Hakim, ada banyak supermarket yang berjejer. Indoma*t, alfam*t, gi*nt, hingga super market gedhe juga ada. Nah ane pernah survey membeli barang, waktu itu ane beli Gerry Salut Coklat. Harga di Sakinah kalau gak salah 4.600 rupiah. Nah dibeberapa tempat ane juga beli, harganya diatas 4.800 rupiah. Jadi tak simpulkan, Sakinah tetap yang paling murah dengan kualitas yang sama. Kecuali kalau kalian mau beli barang2 elektronik atau barang2 dengan jumlah banyak misalnya, kalian ya ke pusat grosir atau ke superindo deh mendingan lebih murah sana. Tapi kalau kayak kita2 mahasiswa mah, buat apa beli malkist roma satu dus?? Wkwk 1 bungkus aja belum tentu habis.

3. Suasananya
Ketika kalian memasuki Sakinah, kalian akan mengetahui perbedaannya dari toserba2 lainnya. Di dalam sakinah, pasti diputerin murotal, atau lagu2 islami kayak opick atau maher zein. Didukung soundsystem yang lembut, AC yang sejuk dan kebersihan yang cukup bersih dan rapi, pasti betah deh lama2 disana. Kalau mau adzan, soundsystemnya dimatikan. Kalian bisa sholat dulu di lantai atas (keluar gedung dulu) atau ke masjid Yapita. Silahkan dipilih..



4. Petugasnya
Berbeda sama mart mart lainnya. Sakinah hanya mempekerjakan karyawan laki2 saja. Petugasnya sholeh2. Menurut info yang beredar sih, syarat jadi petugas disana minimal harus hafal quran juz 30. MashaaAllah.. Selain ramah, petugasnya sholeh2 dan banyak yang masih single lho. Buat cewek2 nih kali aja jodohnya disana wkwk.

5. Penataan Ruang
Menurut ane sih standar lah ya, penataan ruang disakinah cukup mirip sama mart2 yang lainnya. Di sakinah, lantai 1 ke arah kiri dari pintu masuk, itu bagian peralatan mandi. Shampoo, sabun, odol hingga deterjen ada disana. Dibagian agak depan ada susu2 dari untuk bayi hingga untuk dewasa, disebelahnya ada madu, atau sejenis minuman2 herbal. Dibagian tengah adalah bagian makanan, cemilan. Bagian sebelah kanan peralatan elektronik kayak kabel olor, lampu, hingga peralatan dapur sampai kedepan itu ada etalase kue kering dan minuman dinginp sama buah2an (sayurannya belum tersedia).
Di lantai atas bagian kiri ada peralatan tulis menulis, al quran, dll, bagian tengah ada elektronik kayak hp, headset, speaker dll, bagian kanan ada baju2, kaos celana, tas, hem, arloji hingga buku2 islami..
Jadi gak usah bingung mau nyari apa, karena sudah ter cluster berdasarkan kelompolnya masing2 yang memudahkan membelinya. Ohya dibagian bawah ada cek barcode untuk memastikan harga barang lho..


6. Plus plus
Tambahan aja, tempat parkir yang cukup luas, ada sepeda motor dan mobil, didepan ada yang jual kayak pentol gila, minuman tea tongji, hingga sego njamoer. Dilengkapi dengan CCTV dan diamankan dengan nomor parkir. Ada ATM BNI saja di depan, ada conter pulsa juga. So completed..




Well, itu dia penjelasan ane tentang Sakinah. Semoga bermanfaat ^_^

4 komentar:

  1. Penjualnya sangat tidak jujur, barang saya ada yg tertinggal besoknya kesana lagi masa dibilang gatau jawabannya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ditanya penjualnya sama gak kak?
      sebagai pengalaman, temenku tahun 2012-an pernah kehilangan laptop di sakinah, padahal dititipin ke penitipan tas. sempet minta ganti rugi ke pihak manajemen, tapi diganti cuman berapa persen gitu lupa. padahal jelas itu karna kelalaian petugas yang menjaga.

      Hapus